Apa yang dimaksud dengan Registrasi Pelanggan Prabayar?
Jawab: Registrasi Pelanggan
Prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh
calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum
divalidasi (“Pelanggan”) dengan menggunakan data
identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di
Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian
Dalam Negeri Republik Indonesia (“Ditjen Dukcapil”). Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku bagi calon pelanggan pascabayar.
- Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan, informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.
- Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai.
- Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya.
Apa yang membedakan registrasi kartu prabayar sekarang dengan registrasi sebelumnya?
No. | Ketentuan Registrasi Sebelumnya |
Ketentuan Registrasi Baru
|
1 |
Registrasi menggunakan data Nomor Identitas, Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir, ROID (Retail/Outlet ID), Kode Pos
|
Registrasi menggunakan data Nomor
Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum
pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).
|
2 |
Tidak terdapat proses validasi
|
Harus melalui proses validasi ke data yang tercatat di Ditjen Dukcapil
|
3 |
Hanya dapat dilakukan oleh gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra
|
Dapat dilakukan oleh pelanggan yang
bersangkutan, gerai penyelenggara jasa telekomunikasi, gerai milik
mitra, menghubungi layanan contact center.
|
Apakah registrasi kartu prabayar ini berlaku untuk pelanggan baru saja?
Tidak. Registrasi kartu prabayar ini wajib diikuti oleh calon pelanggan/pelanggan baru dan pelanggan lama.
Apakah pelanggan dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar?
Ya, calon pelanggan dan pelanggan
lama dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar dengan
syarat menyampaikan NIK, nomor KK sesuai KK & KTP yang tercatat di
Ditjen Dukcapil.
Apakah registrasi kartu prabayar juga bisa dilakukan di gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau di gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi?
Ya, pelanggan juga bisa datang ke
gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra
penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa persyaratan untuk
melakukan registrasi.
Persyaratan apa yang harus disiapkan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Persyaratan yang harus disiapkan pelanggan yaitu:
- Bagi WNI (Warga Negara Indonesia):
- KTP-Elektronik
- Kartu Keluarga (KK)
- Paspor
- KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
- KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)
Informasi apa saja di dalam KK & KTP elektronik yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Informasi yang dibutuhkan adalah:
- Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdiri 16 digit
- Nomor Kartu Keluarga terdiri 16 digit
Apakah calon pelanggan dan pelanggan lama yang belum memiliki KK dan KTP elektronik juga dapat melakukan registrasi?
Ya dapat. Jika belum memiliki KTP
elektronik tetap dapat melakukan registrasi dengan menggunakan NIK yang
informasinya terdapat dalam KK. Jika belum memiliki KK, tidak dapat
melakukan registrasi.
Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar?
Cara melakukan registrasi kartu prabayar untuk pelanggan Telkomsel adalah sebagai berikut:
Untuk calon pelanggan Telkomsel:
Untuk calon pelanggan Telkomsel:
- Ketik: REG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim ke 4444
- Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027#
- Ketik: ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim ke 4444
- Contoh: ULANG 1234567890123456#3201060401130027#
Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar bagi WNA?
WNA dapat melakukan registrasi
kartu prabayar dengan cara mendatangi gerai penyelenggara jasa
telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan
membawa kartu identitas diri berupa paspor/KITAS/KITAP, selanjutnya
petugas gerai akan mencatat nama, nomor paspor/KITAS/KITAP,
kewarganegaraan serta tempat dan tanggal lahir.
Benarkah ada proses validasi data bagi calon pelanggan dan pelanggan lama yang melakukan registrasi kartu prabayar ini?
Benar. Proses validasi adalah
bagian dari proses registrasi kartu prabayar. Dalam proses ini, data
identitas diri pelanggan akan divalidasi melalui database kependudukan
Ditjen Dukcapil.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses validasi tersebut?
Validasi merupakan bagian dari proses registrasi yang berlangsung maksimal 1x24 jam.
Bila ada gangguan sistem pada proses registrasi, apakah aktivasi nomor tetap dapat dilakukan?
Aktivasi tetap dapat dilakukan.
Selanjutnya Pelanggan/Calon Pelanggan secara berkala melakukan proses
registrasi sampai berhasil.
Mulai kapan registrasi pelanggan ini diberlakukan?
Kewajiban melakukan registrasi kartu prabayar efektif berlaku mulai 31 Oktober 2017
Kapan batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama?
Batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama adalah tanggal 28 Februari 2018.
Apakah dampaknya jika pelanggan tidak melakukan registrasi ulang?
Penyedia jasa telekomunikasi akan melakukan pemblokiran bertahap sebagai berikut:
- Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi
- Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin 1.
- Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin 2.
Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan melakukan registrasi?
Pelanggan dapat menghubungi
layanan pelanggan penyelenggara jasa telekomunikasi. Untuk pelanggan
Telkomsel, tersedia Call Center 188, Facebook Telkomsel, Twitter
@telkomsel, Email cs@telkomsel.co.id, layanan asistensi GraPARI Virtual,
mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, serta web dan aplikasi MyTelkomsel.
Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan atau kendala dalam data kependudukan (contoh: NIK tidak ditemukan)?
Jika pelanggan mengalami kendala data kependudukan, silakan menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau kunjungi www.dukcapil.kemendagri.go.id atau melalui call center 1500537 (pada hari dan jam kerja).
Apakah ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi?
Ya, ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan proses registrasi, sebagai berikut:
- Untuk calon pelanggan, kartu tidak dapat aktif.
- Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.
- Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.
- Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin 1.
- Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin 2.
Apakah ada batasan jumlah nomor yang dapat diregistrasi untuk setiap calon pelanggan dan pelanggan lama?
Jumlah nomor yang dapat
diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi
oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga)
nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi.
Jika lebih dari 3 nomor
Bagaimana dengan nomor atas nama korporasi (bukan perorangan)? Apakah tetap harus melakukan registrasi dan hanya boleh mengaktifkan 3 (tiga) nomor dalam 1 (satu) penyelenggara jasa telekomunikasi? Atau mengikuti aturan sesuai ketentuan perorangan
Mekanisme registrasi untuk nomor
korporasi tetap didaftarkan atas nama pelanggan (orang-perorangan).
Untuk registrasi nomor korporat dilakukan oleh pejabat korporasi yang
bertanggung jawab dan jumlahnya tidak dibatasi.
Apakah semua ketentuan registrasi di atas juga berlaku bagi pelanggan pascabayar maupun untuk pelanggan non-seluler?
Ya, semua ketentuan tersebut di atas juga berlaku bagi pelanggan pascabayar maupun untuk pelanggan non-seluler.
Cara reggistrasi Kartu telkomsel : AS, simPATI, LOOP
Cara reggistrasi Kartu telkomsel : AS, simPATI, LOOP
- hidupkan ponsel anda
- silahkan ketik : *444*no NIK*no KK# contoh = *444*3598566436788001*3355899887853201# LALU PANGGIL TOMBOL HIJAU
- tunggu hingga ada balasan dari 4444
- jika sukses, pasti awal sms selamat kartu anda telah ter-registrasi dengan benar
- jika gagal silahkan cek lagi no kk dan no nik lalu lakukan seperti no 2
- registrasi dengan cara diatas ini paling baru dan mudah. bagi yang secara online klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar